Dalam Rangka Meningkatkan Kompotensi Dosen, Prodi MPI IPI melaksanakan Webinar Kolaborasi bersama Jurusan PGMI UIN Alauddin Makassar, Jurusan MPI UIN Alauddin Makassar, dan Prodi PAI UIT Makassar

Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Parahikma Indonesia menggelar webinar kolaborasi bersama Jurusan PGMI UIN Alauddin Makassar, Jurusan MPI UIN Alauddin Makassar, dan Prodi PAI UIT Makassar dengan tema “Optimalisasi Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi (Covid 19)”. Kegiatan ini dilaksanakan secara live conference melalui aplikasi Zoom Meeting, Senin (21/09/2020). Webinar ini bertujuan untuk mengedukasi dan membantu para tenaga pendidik bagaimana mengoptimalkan media pembelajaran dalam menghadapi pandemi (Covid 19) sehingga mampu menghasilkan pengajaran yang aktif dan kreatif.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut daripada MOU yang telah diadakan kerjasama dengan berbagai kampus diantaranya UIN Alauddin Makassar dan UIT Makassar. Di kampus UIN Alauddin Makassar penandatanganan MOU dilaksanakan bersama Jurursan PGMI dan Jurusan MPI, serta Prodi PAI di UIT Makassar.

“Saya selaku ketua Prodi sangat bersyukur karena Webinar Kolaborasi yang melibatkan UINAM dan UIT Makasssar ini berjalan dengan lancar, keduanya sangat membantu dalam menyukseskan kegiatan, dan berkerjasama dalam mengundang narasumber yang sangat berkompetensi dibidangnya dari segi media pembelajaran. Harapan saya dengan kegiatan ini, yaitu mampu mengembangkan kemampuan dosen didalam pembelajaran, serta mampu mengoptimalkan media pembelajaran khususnya dalam mengahadapi pandemi”. Papar Nurhikmah

Webinar ini dihadiri oleh narasumber yang sangat bekompeten dalam bidangnya dari segi media pembelajaran online yakni Prof. Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum,., M.A (Dosen UIN Alauddin Makassar), Dr. Henni  Zainal, S.Pd., S.An., M.Pd (Dosen UIT Makassar), Dr. Muh. Syafei., M.Si (Dosen UIN Alauddin Makassar), dan Arifuddin Balla., M.A (Dosen Institu Parahikma Indonesia).

Kegiatan ini diawali dengan Keynote Speech yang disampaikan langsung oleh Rektor Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa, Prof. Dr. Azhar Arsyad., M.A yang menyampaikan bahwa dalam menghadapi perkembangan industry dan pendidikan 4.0, maka sudah seharusnya kita berbenah dan mempersiapkan diri untuk menghadapi perkembangan tersebut,  terlebih dalam kondisi pandemi seperti sekarang, maka kita dituntut untuk mampu menggunakan media online dalam pembelajaran agar segala kegiatan pengajaran tetap berjalan.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 jam ini diikuti puluhan peserta yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia dengan penuh antusias, hal ini dapat dilihat dari jumlah peserta webinar yang dari awal webinar berlangsung hingga akhir masih tetap berada dalam room meeting, serta semangatnya mereka dalam mengajukan pertanyaan kepada narasumber yang sangat relate dengan apa yang terjadi di Indonesia khususnya di daerah masing-masing.

Ariadna Mulyati selaku ketua panitia mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang terlibat sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses, baik kepada seluruh pihak dari kampus UINAM, UIT Makassar serta seluruh panitia yang telah berkerjasama dengan baik. “Saya berharap kedepannya kita mampu bersinergi kembali dengan menghasilkan kegiatan-kegiatan lainnya dengan tema dan konteks yang berbeda. Alhamdulillah kegiatan selesai dengan sukses, walaupun sempat terkendala dengan jaringan, tapi secara keseluruhan berjalan dengan sukses.” Tutur Adna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik di sini untuk info lebih lanjut! whatsapp